KEGIATAN INTEGRASI PETA RDTR KOTA BUNTOK BERBASIS GIS DAN DATA KEPENDUDUKAN

10 Agustus 2017 14:50 oleh tata ruang

Bidang Penataan Ruang melaksanakan kegiatan Integrasi Peta Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota berbasis Sistem Informasi Geografis (GIS) dan Data Kependudukan selama bulan Juni sampai bulan Agustus 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan inovasi dan piloting (percontohan), yang pada prinsipnya bertujuan agar data kependudukan dapat diakses secara spasial dan informatif.

Dalam kegiatan ini, Bidang Penataan Ruang Dinas PUP Kabupaten Barito Selatan melakukan survey primer data kependudukan pada satu blok percontohan di wilayah Kelurahan Buntok Kota. Blok adalah bagian dari wilayah administratif yang dibatasi oleh batas fisik seperti jalan, sungai, saluran udara tegangan tinggi, dan lainnya. Kelurahan Buntok Kota dipilih karena merupakan wilayah pusat kota dan paling padat penduduknya, sehingga cukup representatif untuk dijadikan sebagai kegiatan percontohan.

Melalui survey primer yang dilakukan, diperoleh data substantif terkait kependudukan meliputi kondisi bangunan yang ditinggali, status penghuni, nama pemilik, jumlah anggota keluarga, foto eksisting bangunan dan kodefikasi alamat rumah. Data kependudukan ini diintegrasikan dengan peta dasar RDTR Kota Buntok, sehingga dengan membuka peta dua dimensi hasil Citra Satelit Resolusi Tinggi yang terolah maka dapat langsung diperoleh data populasi penduduk di wilayah obyek kegiatan.

Kegiatan ini merupakan starting point dari rencana Bidang Penataan Ruang untuk menjadikan rencana tata ruang sebagai dokumen acuan spasial pembangunan sektoral. Dengan adanya integrasi dengan pembangunan sektoral, maka di kemudian hari akan terwujud pembangunan daerah secara integratif menuju konsep smart city, seperti halnya sistem transportasi yang terintegrasi dengan tata ruang, sistem kependudukan yang terintegrasi dengan tata ruang dan lain sebagainya.

Hasil kegiatan integrasi Peta RDTR Kota Buntok ini dapat diakses pada konten Web GIS di laman online ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mewujudkan masyarakat yang cinta ruang.


Tetap Sehat dan Produktif di Era Kebiasaan Baru dengan Ciptakan Emosi Positif

.

      Jakarta - Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang luar biasa bagi masyarakat. 

Pembekalan Penguatan Penyelenggaraan Penataan Ruang

.

Bergabungnya substansi tata ruang dan pertanahan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan…

Layanan Elektronik Terobosan Kementerian ATR/BPN

.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya meningkatkan…

Total Pengaduan: 264
Pengaduan Sudah Dijawab: 100
Pengaduan Belum Dijawab: 164
Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201