INFORMASI HASIL KEGIATAN INTEGRASI PETA RDTR KOTA DAN DATA KEPENDUDUKAN

11 Agustus 2017 14:24 oleh Tata Ruang

Berdasarkan kegiatan Proyek Perubahan Integrasi Peta RDTR Kota Buntok dan Data Kependudukan yang dilaksanakan pada bulan Juni - Agustus 2017 oleh Bidang Penataan Ruang, diperoleh hasil berupa data kependudukan yang dapat diakses secara spasial.Kegiatan tersebut mengambil lokasi percontohan pada sebuah blok di wilayah Kelurahan Buntok kota. Hasil survey yang dilaksanakan secara swakelola adalah adanya kodifikasi kependudukan berdasarkan bangunan dan jalan, nama pemilik dan penghuni, jumlah anggota keluarga, status dan fungsi bangunan.

Data kependudukan yang diperoleh pada pelaksanaan survey primer tersebut adalah 341 buah bangunan, 969 orang anggota keluarga, 309 pemilik bangunan dan 32 orang sebagai penyewa. Fungsi bangunan bervariasi, terutama didominasi rumah tinggal sebanyak 234 buah (68,62%) dan rumah sewa 29 buah (8,5%). Sisanya terbagi antara lain rumah dinas, rumah ibadah, rumah toko, sarang walet, kantor dan fasilitas umum. Batasan blok percontohan ini adalah Jalan Merdeka Raya, Pahlawan, Panglima batur dan Sungai Tabuk. Blok percontohan terdiri atas 7 Rukun Tetangga (RT) dan 2 Rukun warga (RW). Melalui kegiatan proyek perubahan ini, dapat diperoleh gambaran riil profil wilayah Kota Buntok dan potret kehidupan masyarakat. Dengan kegiatan ini pula, data sektoral dapat diakses secara spasial, sehingga merupakan langkah awal (percontohan) untuk mewujudkan integrasi dokumen rencana tata ruang dan rencana sektoral. Merencanakan ruang identik dengan me-ruang-kan rencana.

Data kependudukan terintegrasi peta RDTR Kota ini dapat diakses oleh stakeholder melalui aplikasi GIS pada notebook atau PC. Sedangkan bagi masyarakat yang ingin mengakses hasil kegiatan ini cukup dengan men-download aplikasi Carry Map Observer secara gratis pada masing-masing ponsel android dan meminta datanya ke Bidang Penataan Ruang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Barito Selatan.

Potensi Kearifan Lokal dalam Perencanaan Kota

.

Pada dasarnya Tata Ruang adalah salah satu bentuk kebijaksanaan pemerintah…

BPN Tuding Lippo Belum Menyesuaikan Tata Ruang Meikarta

.JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan…

Investasi Tanah akan Kena Pajak Progresif

.

Pemerintah akan membuat peraturan terkait investasi tanah. Kebijakan ini diambil sebab selama ini banyak…

Total Pengaduan: 311
Pengaduan Sudah Dijawab: 130
Pengaduan Belum Dijawab: 181
Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201