Pembinaan GPS, Yaitu Global Positioning System Kepada Aparatur Pemerintahan Desa Se- Kecamatan Gunung Bintang Awai

18 Juni 2019 15:01 oleh Tata Ruang

  Dalam perkembangan, Teknologi komunikasi menjadi kunci segala sesuatu, hal ini disebabkan pengaruh globalisaasi yang menuntut ruang lingkup komunikasi yang luas dan kecepatan komunikasi. Karena dunia telekomunikasi semakin maju, maka handphone bukannlah sesuatu yang langka dan mahal. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka berkembang pula alat-alat canggih yang dapat membantu kita dalam mengerti perkembangan tersebut. Sebagai penduduk suatu negara, kita harus dapat mengikuti perkembangan yang terjadi di negara kita maupun di negara lain. Salah satu alat yang dapat kita sebut canggih adalah GPS, yaitu Global Positioning System.
   Dalam hal ini, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Barito Selatan melaksanakan Pembinaan GPS, yaitu Global Positioning System kepada Aparatur Pemerintahan Desa Se- Kecamatan Gunung Bintang Awai mengenai apa itu GPS dan apa manfaat GPS bagi kehidupan kita. GPS adalah sistem satelit navigasi yang paling populer dan paling banyak diaplikasikan di dunia, baik di darat, laut, udara, maupun angkasa dan juga dapat di gunakan untuk mengukur koordinat suatu lahan. Disamping aplikasi-aplikasi militer, bidang-bidang aplikasi GPS yang cukup marak saat ini antara lain meliputi survai pemetaan, geodinamika, geodesi, geologi, geofisik, transportasi dan navigasi, pemantauan deformasi, pertanian, kehutanan, dan bahkan juga bidang olahraga dan rekreasi. Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara terus menerus. Saat ini GPS sudah banyak digunakan orang di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi, kecepatan dan dapat memberikan informasi posisi dengan ketelitian bervariasi dari beberapa millimeter sampai dengan puluhan meter.
   Dengan GPS kita dapat mengetahui posisi geografis kita (lintang, bujur, dan ketinggian di atas permukaan laut), jadi dimanapun kita berada di muka bumi ini, kita dapat mengetahui posisi kita dengan tepat. Tujuan dilaksanakan kegiatan pembinaan Agar Aparatur Desa mampu mengoperasikan GPS, memanfaatkan GPS untuk membuat peta dan menghitung luas lahan. Dalam hal ini Bidang Panataan Ruang Barito Selatan melaksanakan Pembinaan Ke Kecamatan Gunung Bintang Awai yang terletak di Desa Tabak Kanilan dan dihadiri Aparatur Desa, dalam sambutannya Camat Gunung Bintang Awai mengatakan begitu pentingnya penggunaan GPS. Dalam kegiatan para Aparatur Desa pun sangat antusias dalam  mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Bidang Panataan Ruang Barito Selatan sampai selesai.

Hasil Lomba Tata Ruang tahun 2017

.


Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Barito Selatan menyelenggarakan lomba…

KEGIATAN INTEGRASI PETA RDTR KOTA BUNTOK BERBASIS GIS DAN DATA KEPENDUDUKAN

.

Bidang Penataan Ruang melaksanakan kegiatan Integrasi Peta Rencana…

Lomba Tata Ruang Tahun 2018

.

    Dalam rangka menyambut Hari Tata Ruang dan memeriahkan…

Permasalahan Permukiman Perkotaan

.

Menurut Kirmanto (2002), isu-isu perkembangan permukiman yang ada pada saat ini adalah…

Total Pengaduan: 296
Pengaduan Sudah Dijawab: 190
Pengaduan Belum Dijawab: 106
Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201