Kajian Izin Pemanfaat Ruang Sebagai Acuan Pelaksanaan Pembangunan Pusat dan Daerah

20 Juni 2019 12:13 oleh Tata Ruang

Dinamika percepatan pembangunan menuntut pemerintah untuk merespon cepat terhadap proses kesesuaian tata ruang. Sebagai upaya menjamin pemanfaatan ruang sesuai dengan rencana tata ruang dipersyaratkan izin pemanfaatan ruang.

Nyatanya, dalam penyelenggaraan penataan ruang masih terdapat inkonsistensi dalam proses pengajuan hingga penyelesaian produk perizinan. Merespon permasalahan ini, Direktorat Pemanfaatan Ruang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) I Kajian/Identifikasi Izin Pemanfaatan Ruang dalam Rangka Pelaksanaan Pembangunan di Pusat dan Daerah. Narasumber yang hadir yaitu Ahli Tata Ruang dari Institut Teknologi Bandung Denny Zulkaidi dan Ahli Hukum dari Universitas Padjadjaran Maret Priyanta.

“Harmonisasi dan sinkronisasi peraturan perundang-undangan dalam proses perizinan pemanfaatan ruang perlu dilakukan. Harmonisasi dilakukan saat akan menyusun suatu aturan, seminimal mungkin tidak bersinggungan dengan peraturan di atasnya, sedangkan sinkronisasi dilakukan saat aturan sudah ditetapkan,” ujar Maret Priyatna dalam FGD di Jakarta.

Hasil FGD ini digunakan sebagai input dalam proses pendalaman studi literatur serta survei yang akan dilakukan. Tujuannya, guna mengetahui mekanisme dalam proses pengajuan izin pemanfaatan ruang di pusat dan daerah. Berita diunduh tanggal 21 Juni 2019 dari http://www.instagram.com/p/ByzorGCAiCQ/

Kementerian ATR/BPN Teken MoU dengan PT.Jiwasraya dan BIG

.

Jakarta – Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional…

Hari Tata Ruang Nasional (HANTARU) Tahun 2019

.

     Dalam rangka memperingati hari Tata Ruang setiap tanggal 8 November, Bidang…

Percepatan dan Peningkatan Kualitas Dokumen Tata Ruang

.

Kualitas tata ruang yang mumpuni…

PERIZINAN BERBASIS RDTR: TEROBOSAN KEMUDAHAN BERUSAHA DI ERA DIGITAL

.

Jakarta,- Upaya yang dilakukan Pemerintah untuk memberikan terobosan dalam kemudahan berusaha terus ditingkatkan…

Total Pengaduan: 399
Pengaduan Sudah Dijawab: 100
Pengaduan Belum Dijawab: 299
Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201