Koordinasi Ditjen Tata Ruang dengan BNPP

02 Juli 2019 10:18 oleh Tata Ruang

Untuk menciptakan ketahanan, keamanan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di kawasan perbatasan Indonesia, pertumbuhan ekonomi daerah tersebut perlu terus dikembangkan. Maka dari itu, perlu disusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk kawasan perbatasan.

“Perbatasan ini diterjemahkan dengan “lokasi prioritas” di semua kecamatan yang berbatasan dengan negara lain. Terdapat 3 (tiga) perbatasan darat dan 10 pebatasan laut. Kecamatan-kecamatan terluar ini lah yang disebut lokasi prioritas dan merupakan ujung tombak dalam pembangunan,” ujar Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro.

Koordinasi diselenggarakan Ditjen Tata Ruang dengan BNPP terkait pembahasan RDTR kawasan perbatasan. Dalam kesempatan ini, disampaikan target-target BNPP untuk mendukung percepatan penyelesaian RDTR kawasan perbatasan.

Guna mendorong laju pertumbuhan di kawasan perbatasan dengan berbasis tata ruang, koordinasi ini diselenggarakan. Dalam pertemuan, Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Boytanjuri menyampaikan bahwa di tahun 2019 ini total 7 (tujuh) RDTR telah siap untuk diterbitkan, prosesnya sudah sampai ke Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab).

Koordinasi akan terus dilakukan, yang mana dalam konteks BNPP ini, Ditjen Tata Ruang akan membantu proses review materi teknis dalam penyusunan RDTR kawasan perbatasan. Harapannya, materi dalam lokasi prioritas versi BNPP dapat diaplikasikan menjadi RDTR, sehingga dapat bantu percepat penyelesaian RDTR. Tujuan akhirnya adalah dapat mempercepat dan meratakan pembangunan kawasan perbatasan di Indonesia. diunduh pada tanggal 02/07/2019 dari https://www.instagram.com/p/BzPjKA3AREb/

Penanganan Permasalahan Tata Ruang dan Pertanahan dengan Pemanfaatan GIS

.

    Dalam mendukung kegiatan pertanahan dan perencanaan tata ruang di Indonesia…

Penataan Kawasan Permukiman Nelayan di 11 lokasi

.Penataan Kawasan Permukiman Nelayan di 11 lokasi


Kementerian…

Taman Iring Witu, Salah Satu Ruang Terbuka Hijau di Kota Buntok

.

BUNTOK - Taman Iring Witu (TIW) telah selesai direvitalisasi, warga masyarakat memanfaatkan ruang…

Total Pengaduan: 457
Pengaduan Sudah Dijawab: 110
Pengaduan Belum Dijawab: 347
Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201