Layanan Elektronik Terobosan Kementerian ATR/BPN

05 September 2019 09:13 oleh Tata Ruang

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan pengembangan layanan elektronik dan teknologi informasi. Hingga saat ini, Ditjen Tata Ruang sendiri memiliki terobosan untuk menunjang perkembangan teknologi dengan sebutan GIS TARU.

GIS TARU memiliki 3 (tiga) aplikasi utama, yaitu Portal, RTR Builder, dan RTR Online. Dalam RTR Online terdapat produk RTR yang sudah dilegalisasi. Turunan dari RTR Online adalah RDTR Interaktif.

PROTARU, SITARUNAS, SIFATARU, Gagas Ruang, dan Katalog Bencana adalah bagian dari Portal Ditjen Tata Ruang. Masing-masing layanan memiliki fungsi yang berbeda. PROTARU berfungsi menyajikan progres penyelesaian RTR yang disusun pemerintah pusat dan pemerintah daerah. SITARUNAS menyediakan informasi terkait Kawasan Strategis Nasional. SIFATARU berisi data dan informasi pemanfaatan ruang. Gagas Ruang, aplikasi pendukung konsultasi online penyusunan RTR. Sedangkan Katalog Bencana menyediakan peta dan informasi kebencanaan di Indonesia. Seluruh aplikasi ini terintegrasi dengan GIS TARU.

Tujuan pengembangan layanan ini adalah untuk mewujudkan Kementerian ATR/BPN menjadi institusi pengelolaan pertanahan dan tata ruang yang berstandar dunia. Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI), Soelaeman Soemawinata mengatakan bahwa dalam dunia industri, tanah merupakan komoditas.

Turut hadir Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto, Direktur Jenderal (Dirjen) Hubungan Hukum Pertanahan Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana, Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin), Virgo Eresta Jaya, Plt.Direktur Utama (Dirut) Bank Tabungan Negara (BTN) Oni Febriarto Rahardjo, Ketua Real Estate Indonesia (REI), Soelaeman Soemawinata, dan Ketua Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), Julius Purnomo. 

Diunduh pada Tanggal 5 September 2019 dari https://www.instagram.com/ditjentataruang/?hl=id


Kementerian ATR/BPN Teken MoU dengan PT.Jiwasraya dan BIG

.

Jakarta – Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional…

Genjot Investasi, Darmin Buat Rancangan Tata Ruang di 109 Daerah

.

Jakarta - Pemerintah terus berupaya untuk menggenjot investasi di dalam negeri. Salah satu caranya dengan membuat Rancangan…

BPN Tuding Lippo Belum Menyesuaikan Tata Ruang Meikarta

.JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan…

Lomba Tata Ruang Tahun 2018

.

    Dalam rangka menyambut Hari Tata Ruang dan memeriahkan…

Total Pengaduan: 461
Pengaduan Sudah Dijawab: 120
Pengaduan Belum Dijawab: 341
Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201